Sabtu, 29 September 2012

Ke Malaysia ala backpaker

Kalau biasanya gue ngeposting kagak mutu, hari ini gue postingin yang agak bermutu dikit deh. Hehehehe, nyadar juga gue kalau postingan gue rada nggak ada manfaat banget buat ummat manusia. -_-"

Ini cerita waktu gue pergi melancong ke negeri tetangga. yah nggak usah jauh-jauh sih, negerinya Puan Siti Nurhaliza. hehehe.

Jadi, si mamak ngajak pergi jalan-jalan. Alhamdulillah lagi ada rejeki, yaudah berangkatlah kami satu keluarga ke Malaysia. Sebulan sebelum keberangkatan, diriku sibuk didepan tablet, ngapain? Biasa, berselancar di laman-laman web nyari tiket murah. -_-" kebiasaan banget deh, kalau mau pergi jalan-jalan pasti deh browsing dulu buat nyari tiket murah. Setelah mengecek-ngecek tanggal dan jumlah biaya untuk berangkat, diputuskanlah berangkat naik salah satu maskapai luar negeri. 

*Ceila gaya banget, mentang-mentang mau keluar negeri naiknya maskapai luar negeri* Maklum, biayanya murah ding, ketimbang maskapai dalam negeri. 

jadilah, nguing.... berangkat deh ke negara itu. jadwal penerbangan untuk ke negara petronas itu cuma ada dua kali dalam seminggu, tepatnya aku lupa. secara sering banget berangkat itu hari Rabu, jadi yang aku ingat cuma hari Rabu. Kalau nggak salah, penerbangan dari Bandara Sultan Iskandar Muda ke Lost Cost Carrier Terminal (LCCT) Kuala Lumpur itu adanya hari Rabu sama hari Jum'at. dengan jadwal keberangkatan itu jam 11.00 WIB. *yah berdoa aja kagak delay, kalau delay bisa sampe jam 1.00 wib dah*

Secara kita nggak nyewa travel alias jalan-jalan dengan kemauan sendiri, jadilah kita dari LCCT itu berangkat ke KL Central itu naik bas. harganya udah ditentuin, jadi nggak usah takut ketipu deh. Apalagi kalau emang kita pergi sendiri, nggak pake tour guide ataupun travel. Nggak usah naek taxi, kemahalan. Naik bus rute LCCT-KL Central, murah cuma RM 9 doang.

Pas keluar dari pintu ketibaan, langsung deh jalan dikit aja ke arah parkiran. Nah disana nanti berjajar kok bus yang akan berangkat ke KL Central, tiap jam ada. Jadi nggak usah takut deh kalau kamu keluar, eh busnya udah berangkat. banyak banget bus menuju KL Central di pintu ketibaan. Tinggal beli tiket sama keneknya (kebanyakan itu orang india dan pake bahasa malayu).

Kenapa harus ke KL Central?
Mungkin itu pertanyaan kalian, kenapa harus ke KL Central? Karena disitulah pusat seluruh trasportasi dalam kotanya Kuala Lumpur. Mau LRT, Monorail, Bus. Semuanya mentok ngumpul disitu.

Nah, buat yang pergi jalan-jalan nggak pake tour guide, kalian tinggal ambil map di tempat tourist information di dalam bandara. Di Map itu ada semua rute monorail, dan MRT untuk kalian bepergian selama di Kuala Lumpur. 


Nah buat yang pergi tanpa tour guide (seperti saya, yang rada nekat dan nggak bisa baca peta) dan nggak gabung dalam agen travel, KL Central itu adalah pusatnya semua jalur trasportasi di Kuala Lumpur. 

Nah, dari KL Central kalian terserah mau kemana, tergantung tujuan selanjutnya, mau naik monorail atau LRT. Nah, kalau naik monorail, berarti kalian harus keluar dari gedung KL Central, jalan beberapa meter untuk menuju tempat monorail.

Aku milih nginap di Chawkit, daerah nggak pinggiran banget sih, tapi disitu kawasan untuk mahasiswa dan analis kesehatan. Karena hotel tempat aku menginap itu dekat sama Universitas Kebangsaan Malaysia, dan Universitas apa gitu lupa. Jadi dari KL Central ke Chawkit itu kita musti naik monorail. Jadi aku harus keluar dari gedung KL Central, jalan sekitar 500 meter untuk naik ke monorailnya.

Beli Tiketnya Dimana?
Nah, buat kalian yang emang senang backpaker, alias traveling tanpa jasa agen travel. Monorail (MRT) dan LRT itu adalah salah satu jalan yang paling murah. Ditambah bus yang selalu berkeliaran di Malaysia. Kenapa?

karna harga tiket MRT/LRT/Bus itu cuma Rm 1 (satu ringgit) doang. Dan juga jaraknya itu relatif dekat-dekat antara statiun monorail yang satu dengan statiun monorail lainnya. Gitu juga dengan LRT. Jadi nggak usah kepikiran deh buat jalan-jalan pake taksi. Mahal, beneran!

Untuk beli tiket MRT/LRT sebenarnya nggak ribet. Disetiap statiun kalian bisa pilih mau beli yang sekali pakai atau yang isi ulang kayak kartu kredit (emang kartu kredit isi ulang ya? pokoknya gitu deh, yang model pake limit). 
Rapid KL, kartu yang bisa diisi ulang. 

Saran aku ya, lebih baik beli langsung tourisme pass. Di malaysia itu namanya Rapid KL, dan kartu itu bisa diisi ulang dengan nominal RM 10. Dan itu bisa kalian pakai bolak-baik MRT/LRT. Bisa juga beli coin untuk sekali pemakaian, alias akan abis masa pakainya disetiap statiun. Jadi kalau mau pergi ke statiun lain lagi, ya harus beli lagi. Jadi mending beli kartu langsung deh. hehehe.

Tapi sayangnya terakhir aku pergi, awal bulanSeptember kemarin, itu kartu belum bisa diaplikasiin ke Bus. Jadi kalau di bus, tinggal kasih duit RM 1 (usahakan punya duit receh, karna Rapid Bus nggak ada duit kembalian), dan kalian akan dapat tiketnya.


 tiket bus yang dibeli langsung saat naik bus.

Kalau kalian milih naik bus untuk bepergian di KL, aku sarankan untuk punya duit receh. karena untuk setiap kali pembelian tiket bus, itu nggak ada kembaliannya, alias kalian harus masukin duit pas ke dalam kotak di dekat supir, baru deh si supir ne print tiket untuk kalian. :D

Kan rempong banget jadinya kalau nggak ada duit receh. :D
*bersambung*

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com