Sabtu, 16 November 2013

Happy Wedding Ina dan Bang Ryan

Annyeong Yorobun...
Udah lama ngak ngeblog! Bukan ngak sempat sih, tapi lebih ke malasnya. Emang kalau malas ngak ada obat laen kecuali bangkit kembali dan ingat target utama. Yah begitulah, sekedar penyemangat diri. :)

Oke, kali ini aku bakal postingkan foto-foto proyek pertama dari Mulyana alias Ina. Dia temen aku dari MIN dulu dan sampe sekarang masih berteman juga. Awet banget kan yak! Harus dong. Dan Maret 2013 lalu, dia baru aja ngelepas masa lajangnya. Nikah sama polisi pangkat Briptu sih kalo ngak salah. Dan awal November kemarin, resepsinya.

Kalau dalam adat aceh itu ada dua. Tueng dara baro/Intat dara baro, alias keluarga si perempuan mengantar pengantin perempuan (intat dara baro) ke keluarga mempelai laki-laki (linto baro), biasanya sih ini ritual ke dua. Artinya si perempuan sudah diserahkan pada suaminya (tueng dara baro).

Adat yang pertama kali itu Tueng linto baro/intat linto baro, yaitu keluarga mempelai laki-laki mengantar (intat) si pengantin laki-laki ke rumah pengantin perempuan. Dan pihak keluarga pengantin perempuan menerima (teung) pengantin laki-laki tersebut.

acara simeulung. Si ina narsis banget minta dipoto terus
Nah, setelah mempelai datang (kali ini giliran keluarga ngantar si Ina kerumah suaminya, Bang Ryan), ada acara namanya simeuleung dan sambut besan. Jadi para rombongan itu dijamu makan sama keluarga penganten di dalam rumah. Ngak semua sih yang masuk hanya keluarga inti aja. Aku masuk juga deng, berhubung si dara baro greh-groh kali minta dipotoin terus. Hahaha.


Habis acara sambut besan, baru kedua pengantin di bawa ke pelaminan. Di situ pengantin itu sesuai adat di tepung tawari alias di peusijuk terlebih dahulu oleh orang tua di kampung. Biasanya dipeusijuk itu dipercikkan beras tanda sejahtera dalam keluarga atau mudah rezeki nantinya. Trus juga dipercikkan air dengan daun-daun apalah gitu --banyak banget jenisnya dan sampai sekarang aku ngak hafal daun-daun apa aja yang dipakai untuk peusijuk-- biar adem berumah tangga dan ngak banyak berantem. Dan terakhir didoakan. 

pas acara peusijuk


perangkat peusijuk

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com